Remote Desktop Raspi dengan XRDP

Pada kesempatan sebelumnya, saya melakukan percobaan remote SSH pada Raspi. Dan kali ini saya melanjutkan percobaan remote dekstop dengan XRDP.

XRDP adalah sebuah project open source remote dekstop protokol (RDP) server dimana XRDP ini menggunakan Xvnc dan X11rdp untuk memanage X-session.

Pada percobaan ini saya menggunakan Linux dengan Dekstop cantik KDE. Melalui remote SSH, berikut perintah untuk menginstall XRDP:

pi@raspberrypi ~ $ sudo apt-get install xrdp
Reading package lists... Done
Building dependency tree       
Reading state information... Done
The following extra packages will be installed:
  tightvncserver xfonts-base
Suggested packages:
  tightvnc-java
The following NEW packages will be installed:
  tightvncserver xfonts-base xrdp
0 upgraded, 3 newly installed, 0 to remove and 22 not upgraded.
Need to get 7219 kB of archives.
After this operation, 11.5 MB of additional disk space will be used.
Do you want to continue [Y/n]? y
...
done (done).

Setelah berhasil Install XRDP, saya check statusnya di initialize daemon untuk memastikan apakah XRDP berjalan dengan baik. Perintahnya adalah sebagai berikut:

pi@raspberrypi ~ $ sudo /etc/init.d/xrdp status
[ ok ] Checking status of Remote Desktop Protocol server: xrdp running.
[ ok ] Checking status of RDP Session Manager: sesman running.


OK tag menunjukkan XRDP running well dan siap untuk diremote. Exit dari SSH remote dan saya beralih ke desktop.

Berikutnya adalah menginstall aplikasi Remmina di komputer desktop. Perintah yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

jxvn@X452C:~ > sudo apt-get install remmina
[sudo] password for jxvn: 
Reading package lists... Done
Building dependency tree       
Reading state information... Done
The following extra packages will be installed:
  remmina-common
Recommended packages:
  remmina-plugin-rdp remmina-plugin-vnc
The following NEW packages will be installed:
  remmina remmina-common
0 upgraded, 2 newly installed, 0 to remove and 47 not upgraded.
Need to get 176 kB of archives.
After this operation, 686 kB of additional disk space will be used.
Do you want to continue? [Y/n] y
...

Pada saat menginstall ini saya tidak memperhatikan hanya remmina-common package saja yang akan diinstall. Seharusnya saya sekalian menginstall remmina-plugin-rdp. Daftar plugin remmina dapat dilihat dengan melakukan perintah install remmina tersebut dan tekan tombol tab untuk munculkan beberapa pilihan. Berikut daftar plugin yang disediakan Remmina:

jxvn@X452C:~ > sudo apt-get install remmina
remmina                   remmina-plugin-nx         remmina-plugin-vnc
remmina-common            remmina-plugin-rdp        remmina-plugin-xdmcp
remmina-plugin-gnome      remmina-plugin-telepathy  


Lalu saya install plugin tersebut:

jxvn@X452C:~ > sudo apt-get install remmina-plugin-rdp

Masih dari console, saya buka Remmina dengan perintah:

jxvn@X452C:~ > sudo remmina

Dan muncul GUI dari Remmina sebagai berikut:
remmina-show

Click pada tombol create new remote file , dan saya isi field pada remote desktop preference sebagai berikut:
remmina-preference

Berhasil, dan muncul tampilan dekstop LXDE Raspi yang pada versi ini mirip dengan look and feel Clearlooks di distro Lubuntu.
remmina-highcolor

Note:
Pada percobaan ini sempat terjadi error serius ketika saya mencoba option depth RemoteFX 32 bpp. Saya belum menelusuri lebih lanjut error tersebut. Sebatas dugaan saya, option tersebut tidak support oleh Raspi, atau mungkin ketika remote XRDP berlangsung bersamaan dengan remote SSH.
Dan anehnya error tersebut mengacu pada partition /boot yang tidak bisa dimounting oleh Raspi.

Berikut tampilan error yang sempat saya ambil gambarnya:
error

Namun pada depth: highcolor 16 bpp remote desktop XRDP berjalan lancar tidak ada masalah. Dan tampilan 16 bpp sudah cukup jernih warna desktopnya.

Demikian percobaan remote dekstop Raspi dengan XRDP, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan tentang Raspberry Pi. Berikut referensi lebih lanjut:
http://www.xrdp.org/

Salam,
Juang Nakarani

3 thoughts on “Remote Desktop Raspi dengan XRDP

  1. Pingback: Remote Desktop Raspberry dengan Remmina | ilmu duduk

  2. Pingback: SSH Login from Ubuntu Laptop into Raspberry Pi | WebSetNet

  3. Pingback: Remote Desktop Raspberry dengan Remmina

Leave a Reply

